Jumat, 07 Desember 2012

waduk wadaslintang indah

Waduk Wadaslintang, Tersembunyi di Perbatasan Wonosobo-Kebumen

REP | 13 June 2010 | 22:42 Dibaca: 1835   Komentar: 43   3 Menarik Inilah salah satu kekayaan Indonesia yang tersembunyi di perbatasan Wonosobo dengan Kebumen - waduk Wadaslintang. Terletak 40 km di selatan kota Wonosobo dengan perjalanan menuju kesana penuh tikungan berikut pemandangan tebing di kiri kanan jalan.
memancing (dok pribadi)
memancing (dok pribadi)
keliling dengan perahu (dok. pribadi)
keliling dengan perahu (dok. pribadi)
kesejukan Wadaslintang (dok. Pribadi)
kesejukan Wadaslintang (dok. Pribadi)
Waduk ini memiliki fungsi utama sebagai pembangkit listrik tenaga air. Sedangkan fungsi lain yakni sebagai karamba (tempat pembudidayaan ikan) yang dikelola oleh warga sekitar dan berfungsi sebagai kawasan wisata.
Waduk Wadaslintang juga dikelilingi beberapa bukit yang menjulang tinggi. Wajar bila tempat ini memiliki udara yang sejuk imbas dari kesejukan udara bukit-bukit itu yang berhembus ke bawah. Selain sejuk, bukit-bukit itu juga melengkapi keindahan panorama danau buatan tersebut.
Dengan tiket masuk 2000 rupiah per orang pengunjung bisa menikmati perjalanan wisata di tempat ini sepuasnya. Bisa jalan-jalan menyusuri jalan menuju ke bendungan PLTA wadaslintang, naik perahu (5000 rupiah per orang untuk satu kali putaran), berfoto-foto dengan latar belakang pemandangan bukit-bukit yang hijau dan juga bisa memancing gratis di sana.
bendungan PLTA Wadaslintang (dok. pribadi)
bendungan PLTA Wadaslintang (dok. pribadi)
Sayang sekali kawasan yang sudah dikelola menjadi lokasi wisata ini belum memiliki fasilitas seperti WC umum, mushola atau warung makan yang layak. Bahkan lokasi wisata ini tidak memiliki area parkir. Padahal saat memasuki TPR sudah dikenai ongkos parkir sesuai dengan jenis kendaraan, bila menggunakan kendaraan roda 2 ongkosnya 1000 rupiah, untuk roda 4 ongkosnya 4000 rupiah dan untuk roda 6 ongkosnya 6000 rupiah. Jadi, pengunjung yang membawa kendaraan bisa memarkirkan di mana saja mereka suka.
Secara geografis, waduk Wadaslintang memang terletak di desa Sumber Rejo, kecamatan Wadaslintang kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Namun objek wisata waduk Wadaslintang dikelola oleh dinas lingkungan hidup kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Ini menjadi tugas pemda kabupaten kebu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar